WELCOME TO MY BLOG

ENJOY THE BLOG (^^,)

Minggu, 05 Februari 2012

Kelengkapan Kepala Silinder


Kepala Silinder dan Kelengkapannya
CYLINDER HEAD
Kepala silinder (Cylinder Head) ditempatkan dibagian atas blok silinder. Pada bagian bawah kepala silinder terdapat ruang bakar dan katup-katup. Kepala silinder harus tahan terhadap temperatur dan tekanan yang tinggi selama mesin bekerja. Oleh karena itu umumnya kepala silinder dibuat dari besi tuang.
Saat ini banyak mesin yang kepala silindernya dibuat dari paduan alumunium. Kepala silinder yang terbuat dari paduan aluminium memiliki kemampuan pendingin yang lebih besar disbanding dengan yang terbuat dari besi tuang. Pada kepala silinder juga dilengkapi dengan mantel pendingin yang dialiri air pendingin yang dating dari blok silinder untuk mendinginkan mesin.
     Pada kepala silinder ditempatkan ruang bakar, tempat terjadinya pembakaran bahan bakar. Bentuk ruang bakar sangat berpengaruh dengan adanya penempatan dua buah katup dan busi. Ada beberapa macam atau jenis ruang bakar yang umum digunakan antara lain :
1. Ruang bakar Model Setengah Bulat
Ruang bakar model setengah bulat (Hemispherical Combustion Chamber) ini mempunyai permukaan yang kecil dibanding dengan jeenis ruang bakar lain yang kapasitasnya sama. Ini berarti panas yang hilang sedikit (efisiensi panasnya tinggi) disbanding dengan model lainnya. Di samping itu memungkinkan efisiensi saat pemasukaan dan pembuangaan (inteake dan exhaust) lebih tinggi. Ruang bakar model ini konstruksinya lebih sempurna, tapi penempatan mekanis katupnya menjadi lebih rumit.
2. Ruang Bakar Model Baji
Ruang bakar model Baji (Wedge type combustion chamber) ini kehilangan panasnya kecil, konstruksi mekanisme katupnya lebih sederhana bila dibandingkan dengan ruang bakar model setengah bulat
3. Ruang Bakar Model Bak Mandi
Ruang bakar model bak mandi (Bathtup type combustion chamber) konsstruksinya sederhana, dan biaya produksinya lebih rendah. Hal ini saat penghisapan (intake) atau pembuangan (exhaust) kurang sempurna disbanding dengan jenis ruang bakar model setengah bulat.
4. Ruang Bakar Model Pent Roof
Ruang bakar model Pent roof ini umumnya digunakan pada mesin yang mempunyai jumlah katup hisaap atau katup buang lebih dari 2 dalam tiap-tiap silinder, yang disusun sedemikian rupa antara katup dan poros noknyaa. Disebut model pent roof sebab membentuk segi empat, baik tegak atau mendatar. Model ini selain memberikan efek semburan yang baik dan lebih cepat terbakar, juga penempatan businya ditengah-tengah ruang bakar.
5. PACKING / GASKET
Antara Kepala Silinder dan Blok Silinder dipasangkan Gasket/paking. Berfungsi untuk mencegah kebocoran gas pembakaran, air pendingin dan oli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar